Profil


PROFIL SEKOLAH

I. Identitas Sekolah
1
Nama Sekolah
: MTs Al-Hidayah Cibentang
2
Alamat
: Jl.MTs NO.4 Desa Cibentang
3
Kecamatan
: Kramatmulya
4
Kabupaten
: Kuningan
5
Propinsi
: Jawa Barat
6
Nama Yayasan
: YPI Fatahilah
7
NSS
: 21.2.02.15.14.035
8
Jenjang Akreditasi
: Terakreditasi
9
Tahun Pendirian
: 1997
10
Tahun beroperasi
: 1997
11
Status Tanah
: Wakaf

II. Identitas Kepala Sekolah
1
Nama
: Apip Hasani, S.Pd.
2
NIP
: 19651212 200501 1 003
3
Pendidikan / Jurusan
: S.1 / Pendidikan Geografi
4
TMT SK Kepala
: 1 Agustus 2020
5
Jabatan
: Sebagai Kepala Sekolah

III. Visi,misi dan Tujuan Madrasah              
Ø  Visi Madrasah
Terwujudnya Insan yang berperilaku Humanis, Inovatif, Brave, Excellent dan Religius (HIBER)

Berikut adalah penjelasan tentang setiap kata kunci dalam rumusan visi tersebut:
Humanis: 
MTs Al-Hidayah Cibentang berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan yang humanis, artinya memahami, menghormati, dan peduli terhadap setiap individu dalam komunitas madrasah. Madrasah memberikan perhatian kepada aspek sosial, emosional, dan kesejahteraan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan inklusif.

Inovatif: 
MTs Al-Hidayah Cibentang berusaha untuk selalu inovatif dalam pendekatan dan metode pembelajaran. Ini mencakup pemanfaatan teknologi, pengembangan kurikulum yang relevan, dan eksperimen dengan metode-metode baru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Brave (Berani): 
MTs Al-Hidayah Cibentang menjadi lembaga pendidikan yang berani menghadapi tantangan dan berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberanian ini juga mencakup berani melakukan perbaikan dan inisiatif untuk mencapai tujuan madrasah.

Excellent (Unggul): 
MTs Al-Hidayah Cibentang berambisi untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan menghasilkan prestasi yang membanggakan. Madrasah berkomitmen untuk meningkatkan standar akademik dan non-akademik siswa serta menciptakan lingkungan yang mendukung keunggulan.

Religius: 
Madrasah memiliki fokus kuat pada pendidikan agama dan akhlak mulia. Madrasah mengembangkan keimanan dan ketakwaan siswa serta mendorong penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  Misi Madrasah
  1. menciptakan lingkungan belajar yang ramah, saling menghormati, dan inklusif, di mana setiap siswa diberdayakan dan dihargai sesuai dengan potensi dan keunikan mereka.
  2. terus mengembangkan metode dan pendekatan pembelajaran yang inovatif, memanfaatkan teknologi, dan berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa.
  3. memberikan dukungan dan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemandirian, keberanian, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan.
  4. memberikan pendidikan yang berkualitas, mengutamakan prestasi akademik, dan mengembangkan keterampilan non-akademik seperti kepemimpinan, kolaborasi, dan komunikasi.
  5. mengembangkan keimanan, ketakwaan, dan karakter islami siswa serta mendorong penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
  6. melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra dalam pendidikan siswa, membangun kolaborasi yang positif, dan memperkuat hubungan dengan komunitas sekitar.
  7. mengadopsi prinsip-prinsip manajemen terbaik dan menerapkan tata kelola yang efektif dan transparan dalam pengelolaan madrasah.
  8. memelihara integritas dan etika di antara semua anggota komunitas madrasah, termasuk siswa, guru, staf, dan orang tua.
  9. mengembangkan jiwa kewirausahaan pada siswa, mendorong inisiatif, dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkreasi dan berkontribusi dalam berbagai bidang.

Ø  Tujuan Madrasah

Mengacu pada visi dan misi madrasah, maka tujuan madrasah kami dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat serta kesadaran dalam melaksanakan ibadah dan berperilaku humanis serta menghindari bullying.
  2. Peserta didik mampu mencapai hapalan Al-Qur’an minimal Juz 30 setelah lulus
  3. Semua guru mata pelajaran memiliki perangkat pembelajaran yang mantap sesuai dengan tuntutan Standar Isi dan Standar Proses serta berwawasan karakter.
  4. Madrasah mengembangkan PAKEM/CTL 100% untuk semua mata pelajaran.
  5. Peserta didik mencapai nilai rata-rata Nilai Harian dan Sumatif minimal 70
  6. Madrasah dapat meningkatkan persentase peserta didik yang diterima di Sekolah lanjutan negeri
  7. Madrasah memiliki berbagai tim lomba di antaranya olim-piade Matematika, IPA, IPS, dan Olah raga yang menjadi juara di tingkat Kabupaten maupun Provinsi
  8. Madrasah mengembangkan berbagai wadah atau prog-ram penghayatan dan pengamalan agama.
  9. Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap keber-sihan, kesehatan, ketertiban, dan keindahan lingkungan madrasah.
  10. Madrasah memiliki sarana dan prasarana yang memadai
  11. Madrasah memiliki 100% tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
  12. Masing-masing komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan peserta didik) melaksanakan Tugas dan Fungsi dengan baik.
  13. Sumber daya manusia (SDM) di MTs Al-Hidayah Cibentang (Kepala Madrasah, guru, karyawan, dan peserta didik) yang mampu berkompetisi dalam kegiatan akademik dan non akademik secara maksimal.


Entri Populer

Admin

LOGIN ------------